Kamis, 05 Februari 2009

Buah Naga Merah


Ini merupakan buah naga merah. Buah yang banyak dicari warga etnis Tionghoa untuk merayakan Tahun Baru Imlek. Buah naga ini banyak dicari dalam rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek, hingga puncaknya, pada perayaan Capgomeh, yang dilakukan 15 hari setelah Tahun Baru Imlek.

Perkebunan buah naga merah antara lain terdapat di kawasan Ciapus, Bogor, Jawa Barat. Kawasan ini memang sangat cocok sebagai lokasi pengembangan agribisnis, karena tanahnya subur dan pasokan airnya cukup, Karena itu tidak heran bila di kawasan ini banyak terdapat kebun buah dan kolam ikan.

Kawasan Ciapus, Bogor, dari Jakarta dapat dicapai selama dua jam perjalanan, melalui jalan tol Jakarta ? Bogor. Keluar pintu tol Bogor, mengambil arah ke Bogor Timur menuju kawasan Empang. Setelah melewati kawasan Pancasan, menyusuri jalan kearah Ciapus.

Sesampai di Ciapus, saya mencari lokasi perkebunan buah naga, dengan bertanya ke penduduk setempat. Saya kemudian diantar menuju kebun buah naga, yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan berjalan kaki. Perjalanan melintasi kawasan perkebunan rakyat yang hijau.

Setelah berjalan sekitar 5 menit, kami tiba di lokasi perkebunan buah naga. Inilah kebun buah naga, sekilas bentuk pohonnya seperti pohon kaktus yang berduri tajam.

Daniel telah menanam pohon buah naga merah sejak satu setengah tahun lalu. Pohon buah naga merah dapat tumbuh di berbagai lokasi, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Panen buah naga merah terjadi saat Tahun Baru Imlek, yang biasanya musim hujan. Karena itu, untuk berkeliling kebun, sayapun harus menggunakan payung, agar tidak kehujanan.

Di lahan seluas satu hektar ini ditanam lebih dari seratus pohon buah naga. Pohonnya seperti perdu dan tumbuh menjalar. Di butuhkan tiang-tiang penyangga untuk menahan pohon buah naga.

Pohon buah naga berbuah setahun dua kali. Perlu tangga khusus untuk memanen buah naga, karena tiang penyangga pohonnya tinggi, sekitar satu setengah meter.

Pohon buah naga merah tergolong tanaman bandel yang tidak memerlukan perawatan intensif. Cukup di beri pupuk kandang sebulan sekali, pohonnya tumbuh subur. Setiap minggunya, lingkungan sekitar pohon di bersihkan dari gulma dan rumput liar untuk menghindari penyakit tanaman.

Buahnya yang berwarna merah dan kulitnya bersisik membuat buah ini disebut buah naga. Ciri-ciri buah yang telah matang siripnya lebar dan bila ditekan kulitnya terasa empuk.

Buah yang telah dipanen dikumpulkan di pondokan di kebun. Disinilah buah naga merah disortir sebelum dijual ke konsumen. Sayapun tertarik untuk melihat bentuk dalam buah naga dan mencicipi rasanya.

Buah naga merah dipasarkan melalui toko buah dan pasar swalayan. Namun ada juga konsumen yang datang langsung ke kebun untuk membeli buah ini. Harganya per kilogram sekitar 20 ribu rupiah. Setiap kilogram biasanya terdiri dari dua hingga 3 buah naga merah.

Sebelum pulang dari kebun, saya diajak mas Daniel dan keluarga makan di pondokan di kebun, sekaligus mencicipi buah naga merah sebagai makanan penutup. Cuaca yang dingin dan suasana perkebunan yang masih asri, memancing selera makan saya.(INDOSIAR NEWS)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

saya lagi nyari kebun buah naga daging merah untuk keperluan penelitian skripsi saya, kira2 untuk awal tahun 2010 saya bisa pesen ga? sekitar 50 kg lebih, soalnya kalo mesen k malang jauh banget, thx. pipit, Dramaga, Bogor. [haipiitpuspita@yahoo.com]

nidia mengatakan...

Saya ingin mnanyakan untuk taun ini buah naga merahnya berbuah kpn ya?kl bsa saya jg sdg mncari dan sgt mmerlukan buah naga utk pnelitian skripsi saya..
Smoga bkenan utk membalas.trimakasih

Unknown mengatakan...

assalamualaikum wr.wb.
perkenalkan saya atas nama erndarmanto mau bercerita tentang pengalaman kehidupan saya. saya awalnya hanya kuli bangunan, saya sudah berkeluarga dan dikeruniai 3 anak, anak pertama putus sekolah dikarnakan masalah ekonomi kami tdk cukup, yg ke,2 sekolah dasar dan yg ke,3 msh bayi umur 8 bulan, saya setiap hari kerja banting tulang untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak, makan dan minum bagi keluarga sy itu sudah sangat cukup, dimana gaji sy terpotong 70% setiap bulan, karna harus membayar kontrakan rumah perbulan, di tambah utang saya di bank menghampiri ratusan juta. tepat hari minggu malam sy duduk2 sambil ngopi bersama anak pertama saya, dan di saat itu dia mencoba membuka internet untuk mencari pekerjaan dan secara kebetulan dia menemukan situs web pondok pesantren darul a'mal katanya membuka program bantuan dana hibah goib ,dan anak pertama saya akhirnya memperlihatkannya jg ke saya, saat pertama melihat itu, sy mulai berpikir dan mencoba menghubungi nmr yg tercantum di web itu, dan akhirnya sy bisa berbicara sama ketua pondok pesantren darul a'mal bapak KYAI.HJ.UMAR KHUSNAN. dan saya langsung menceritakan masalah ekonomi sy, setelah itu dia menyarankan sy untuk bergabung kedalam program yg beliau laksanakan, program dana hibah goib, awalnya saya ragu takut akan ditipu krna beliau mengatakan kalau setiap pemohon di wajibkan menyediakan mahar untuk pelaksanaan program dana hibah goib tersebut, setelah itu sy langsung matikan telpon dan langsung pergi tidur, dipagi harinya sy terus memikirkan program tersebut sampai2 sy tidak pergi bekerja akibat pusing, bimbang krna pemikiran setengah keragukan ,setengah jg ingin bergabung, pada akhirnya sy bersama istri memutuskan untuk memberanikan bergabung pda program tersebut, tepat pukul 10 lewat sy menyelesaikan mahar yg beliau minta dan setelah itu sy disuruh berdoa agar nantianya proses pelaksanaannya berjalan lancar, dan beliau jg mengatakan bersabarlah untuk menunggu hasil paling lama 2 hari 2 malam, dan sy mengatakan insya allah pak hj. tepat di hari rabu pukul 5 sore saya di telpon lg oleh beliau menyampaikan kabar baik bahwa proses bantuan dana hibah goib sy berjalan lancar. sy dan istri menangis dan langsung bersujud kepada yg maha kuasa atas nikmat, rezeki yg diberikan keluarga saya, saya sangat bersyukur berterima kasih kepada bapak KYAI.HJ.UMAR KHUSNAN, atas bantuan program dana hibah goib semua utang sy sudah lunas, dan saya beserta keluarga alhamdulillah atas izin yg maha kuasa kami tdk lg ngotrak, kami gunakan uang tersebut untuk membeli rumah, dan sisahnya saya pakai membuka usaha rumah makan,,dan sy berniat untuk membagikan situs web pesantren darul a'mal yg membuka program dana hibah goib. jadi yang kehidupannya sama seperti saya atau hampir sama seperti saya silahkan kunjungi situs web beliau. http://danahibahghoib-alkhairat.blogspot.co.id/
nomor beliau 0852-1155-1069 insya allah atas izin yg maha kuasa beliau pasti membantu anda, saya beserta keluarga sudah membuktikannya.
sekian dan terima kasih wassalam.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign