Senin, 09 Februari 2009

Buah Naga

NAMA LAIN BUAH NAGA

Buah naga ( Dragon Fruit ) yang masih temasuk komoditi langka ditanah air adalah buah dari tanaman kaktus berbentuk segitiga yang di indonesia biasanya disebut dengan kaktus . Buah Naga yang dalam latin di kenal dengan Hylocereus Undatus ,mempunyai 10 jenis bunga dan buah yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.
Masyarakat berbagai negara menyebutnya dengan nama yang berlainan .Di Cina dikenal dengan nama Feuy long kwa, ada pula yang menyebutnya than Long atau dever dragon , di Thailan di beri nama Mangkorn, di Australia dijuluki Rhino Fruit lantaran bentuknya yang mirip cula badak ,di Taiwan Shien Mie Kuo . Orang israel menamainya Pitahaya, di Hawai diberi nama Melano, Pasaran internasional seperti Singapura ,Malaysia,Hongkong,Jepang, dan Eropa mengenalnya dengan nama Dragon Fruit.

KHASIAT BUAH NAGA


Popularitas melesat lantaran ia di promosikan karena khasiatnya antara lain :
Sebagai penyeimbang kadar gula darah
Membersihkan darah
Menyehatkan lever
Menyembuhkan kencing manis
Menguatkan ginjal dan tulang
Menguatkan daya kerja otak
Meningkatkan ketajaman mata
Pencegah kanker usus
Menurunkan kolesterol
Menyembuhkan panas dalam dan sariawan
Memperlancar buang air besar
Mengurangi keluhan keputihan
Serta berkasiat juga untuk perawatan kecantikan
Keyakinan ini diperoleh lantaran buah naga sangat kaya akan vitamin dan mineral,meskipun jumlah energinya hanya 48%.


CIRI-CIRI BUAH NAGA

Bentuk buahnya sangat unik lonjong bulat dan cukup memikat untuk dilihat,jika dilihat bentuknya mirip sekali dengan buah nanas.Hanya warna kulitnya merah jambu dengan kulit setebal 2 – 3 mm dan mempunyai sulur / jumbai disekujur kulitnya yang membuatnya berbeda dengan buah lain pada umumnya.Daging buahnya barwarna putih dan penuh dengan biji kecil berwarna hitam yang sangat lembut / lunak.Rasanya manis dengan paduan rasa yang sangat unik. Berat rata-rata buah naga mencapai 400 – 900 gr.
Usaha Budidaya Buah Naga (Dragon fruit) sangat sesuai di kembangkan di Indonesia, karena potensi daya dukung alam dan lingkungannya serta skala usahanya secara ekonomis dapat dikategorikan sebagai UKM (Usaha Kecil Menengah).Namun demikian sebagai salah satu peluang dibidang agroindrustri yang sangat perspektif.


ASPEK TEKNIS PENANAMAN


Persyaratan Tajam
Tidak terlalu terpengaruh dengan kualitas tanah.Tanah jenis apa saja boleh.
Membutuhkan penyiaran penuh dari sinar matahari,maka pembuangan akan berkurang.
Tanaman Buah Naga ini cocok didaerah tropis dan tidak tahan dingin,kalau terus menerus temperaturnya dibawah 8 0 C,daun bisa berubah warna menjadi kuning dan batangnya akan bengkak akibat kedinginan ,namun tidak akan mengganggu pertumbuhannya.
Tanaman buah naga ini penanaman bibit hingga panen memerlukan waktu 1 – 2 tahun,setelah itu bisa memetik hasilnya sepanjang tahun.


PERSIAPAN LAHAN

Persiapan lahan adalah kegiatan penyediaan tempat untuk tanaman supaya dapat tumbuh dengan baik di lahan pertanaman. Buah Naga memang tidak tahan terhadap genangan air. Ditanah poros dan berdrainase baik ia bisa tumbuh produktif. Namun bila di tanam di guludan sangat beresiko rebah. Solusinya ,di buatkan parit sedalam 1 m dan lebar 80 cm di areal kebun ,berkat parit, air hujan ataupun air siraman tidak sampai menggenang di tanah datar itu.
Buah naga tidak mempunyai batang primer yang kuat. Oleh karena itu ,digunakan ajir / tiang penyangga yang terbuat dari beton (supaya tahan lama) berukuran 10 cm x 10 M x 250 cm.
Atau bisa juga memakai bahan lokal yang lebih murah, misalnya : kayu jati, kayu keling ,kayu mahoni,atau bambu. Jika pakai penyangga dari kayu,sebaiknya diproses dulu agar bisa anti lapuk, sehingga dapat dipakai lebih lama.
Ajir / tiang penyangga ditancapkan ke tanah sedalam 50 cm dengan jarak tanam 2,5 m x 2 m atau 2,5 m x 2,5 m atau 3 m x 3 m.penyangga ini berfungsi sebagai tempat merambatnya pohon Buah Naga dan juga untuk menahan tanaman dari angin topan. Di bagian atas / ujung ajir di buatkan rangka kayu berukuran 2,5 cm x 2,5 cm .Rangka ini disusun menyilang 35 cm x 35 cm untuk menopang tanaman saat berbunga dan berbuah,pada awal pertumbuhan supaya tidak roboh,ia dibantu berdiri dengan tali rafia.

PEMELIHARAAN


Untuk memperoleh tanaman Buah Naga yang baik ,sehat ,kuat dan dapat berproduksi tinggi,diperlukan peliharaan tanaman yang meliputi penyiraman ,pemupukan ,pemberantasan hama / penyakit dan pemangkasan .


PENYIRAMAN

Tahap awal disiram 1 – 2 hari sekali .Setelah akarnya tumbuh subur ,dapat diberi air dengan cara pengairan tetap dan usahakan agar tanahnya selalu basah tetapi jangan sampai kelebihan air atau airnya menggenang karena mengakibatkan tanaman busuk. Walaupun tanaman kaktus berasal dari gurun pasir yang sepanjang tahun tidak hujan pun tetap dapat tumbuh dengan mengandalkan embun saja,namun karena perhitungan ekonomi ,maka pengairannya (airnya) harus cukup dan begitu juga dengan pupuknya harus memadai sehingga dapat mencapai target panen yang besar.

PEMUPUKAN


Pemupukan dapat dilakukan berkala tiap 3 – 4 bulan sekali dengan memakai pupuk kandang atau bokasi sebanyak 1 kaleng.Memakai tahun kedua ,jumlah pupuk organik yang ditambahkan meningkat menjadi 2 kaleng dengan interval tetap 3 – 4 bulan sekali. Diusahakan menggunakan pupuk organik /alami supaya buah dapat terasa manis dan tahan lama.Tidak diperkenankan menggunakan pupuk kimia.


PEMBERANTASAN HAMA / PENYAKIT


Pada tahun awal pertumbuhan,harus hati-hati dengan bekicot atau binatang berbadan lunak lainya.tetapi kerusaknya tidak akan besar , karena pertumbuhannya cepat sekali. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya diberi kapur atau abu di ujung pangkal tanaman . Sedangkan untuk memberantas rumputnya, hanya boleh di potong dengan gunting atau dilapisi damen .Jangan sampai menggunakan oba kimia , karena bisa merusak pohon dan akar tanaman .

PEMANGKASAN


Pada tahun pertama harus memangkas tunas samping ,batang induk di biarkan mencapai puncak ajir / tiang penyangga setinggi 2 meter , kemudian dipangkas / dipotong sehingga
Akan tumbuh tunas / batang baru, Batang / tunas baru
Ini jika memanjang akanmelengkungke bawah karena batang / tunas inilah yang nantinya
Berbunga dan berbuah.Kalau batang / tunas baru naik keatas atau tidak melengkung ,harus diberi beban supaya melengkung ,batang tersebut tidak akan berbunga dan berbuah
.Bila batang induk dan batang samping tumbuh tunas lagi harus dipangkas semua .Biarkan batang induk tumbuh hanya dengan 4 atau 5 batang / tunas samping saja.


PANEN

Tanaman akan berbuah saat tanaman berumur 1 -2 Tahun .Dan buah dapat di panen saat buah mencapai umur 50 hari setelah bunga mekar. Tanaman Buah Naga ini akan berbuah terus menerus sampai 30 lebih. Dan kalau pengaturanya bagus, tanaman berumur 1 tahun pertama bisa memproduksi 20 ton / hektar.Pada tahun ke-2 bisa mencapai panen 30 ton / hektar ,pada tahun ketiga bisa mencapai 50 ton / hektar . Untuk merangsang pembuahan ,ketika tanaman berumur 1 (satu) tahun ,ujung cabangnya dipangkas 5 – 10 cm ,selang beberapa minggu kemudian ,bunga muncul dekat potongan cabang tadi atau tetap dimata tunas. Cara memetik buah sebaiknya tunggu sampai buah benar-benar matang yang ditandai dengan kulit buah yang mengkilat dan berwarna merah serta berbau wangi . setelah dipetik sebaiknya dibiarkan beberapa lama jangan langsung dimakan, supaya buah akan terasa manis. Dalam udara bebas ,setelah dipetik buah dapat bertahan 14 hari ,walau ada kerusakan pada kulitnya ,isi buah tidak akan rusak karena kulit buah naga merah ini tebal dan berlilin sehingga buah akan tetap segar dan terasa lebih manis .apabila ditempatkan di “cold storage” dengan suhu 20C, buah naga akan dapat bertahan lebih dari dua bulan .jadi tahan untuk di simpan .


ASPEK PEMASARAN

Kebutuhan buah naga saat ini semakin melnjak tajam ,karena selain dikonsumsi secara langsung ,buah naga naga juga dibutuhan untuk dijadikan bahan baku makanan olahan ,untuk kosmetik,dan bahan baku kesehatan ,dan bukan pasar lokal saja yang inggin mencicipi dashatnya buah naga , peluang eksport juga tidak kalah besarnya .Negara –negara USA ,Belanda,Swiss, dan Israel membutuhkan buah naga dalam jmlah besar,namun jumlah yang besar ini juga tidak mampu dipenuhi oleh negara asalnya.Bahkan jepang ,china dan taiwan sendiri yang tidak menanam dalam jumlah banyak ,juga amat membutuhkannya.karena jika sedang tidak musim,negara pengimpor harus menunggu harus menunggu beberapa tahun lagi untuk mendapatkanya .Ditinjau dari prospek buah naga bukan hanya untuk diekspor tetapi peluang pasar di negeri sendiri juga cukup besar , mengapa anda tidak mencoba mengembangkanya ?




Penulis : wahyu adi p
E-mail : wahyu.wawan@gmail.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya lagu tertarik bgt ni dg buah naga,kira2 bisa ga saya pesen buah naga daging merah, kebetulan untuk keperluan penelitian saya di bogor,trima kasih.
pipit, Dramaga, Bogor. haipiitpuspita@yahoo.com

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign